Bangunan Gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya maupun kegiatan khusus.

Saat ini penggunaan bangunan bukan hanya berfungsi untuk aktifitas, tetapi juga sudah memperhatikan aspek-aspek keselamatan penghuninya. Dalam rancangan struktur bangunan, fasade merupakan faktor pelengkap keamanan serta estetika bangunan. Fasade bangunan pada dasarnya untuk melindungi gedung dari gangguan luar, cuaca buruk, angin, hujan, polusi dan panas  [1].  

Fasade ( bahasa Perancis Façade) adalah suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya terutama yang dimaksud bagian depan, tetapi kadangkala bagian samping atau belakang bangunan  [2].

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kontruksi fasade bangunan adalah sistem dan spesifikasi material fasade yang terintegrasi dengan persyaratan tahan api, tanpa mengurangi estetika bangunan tersebut.  

Berkaitan dengan perkembangan design fasade yang tengah berkembang, Bidang Keprofesian & Regulasi IAI Jakarta mengadakan Forum Regulasi 4 mengangkat topik Desain Fasade Sebuah Tinjauan Arsitektur dan Aspek Keselamatan Bangunan.

  

Waktu dan Tempat

Hari/Tanggal  :  Jumat  29 Sept  2017

Tempat : JDC Ruang Lotus Lt.6
Waktu : 13.00 s/d 18.00

 KUM: 4 

 

 

RSVP di sini


Daftar Pustaka:  
[1]  https://www.kaskus.co.id/thread/598d4f62925233434e8b4570/pentingnya-fasad-bangunan-untuk-struktur-keamanan-dan-keindahan-kota/ Pentingnya Fasad Bangunan Untuk Struktur, Keamanan dan Keindahan Kota” diakses tanggal 15 September 2017.
[2]  https://id.wikipedia.org/wiki/Fasade diakses tanggal 15 September 2017.